Selasa, 05 Oktober 2010


The Legend Of Kyle

Inilah tentang sebuah film, tepatnya legend of guardian,  yang mengisahkan sekilas kehidupan burung hantu. Bukan sekadar burung hantu yang hanya semata-mata mampu berburu, beranak, memelihara anaknya, dan keunikan memutar kepala 360(bahkan yang terakhir ini tidak di tunjukkan sama sekali). Ini adalah kisah humanisme klasik dengan noble of honor(kehormatan), power (kekuatan), dan pengayoman bagi yang lemah yang diperankan ole burung-burung hantu. Saya sangat senang dengan kisah dan penyajiannya yang ciamik. Penuh dengan burung hantu yang lucu-lucu dan bisa berbicara, dan mempunyai sifat manusiawi( ada yang jahat dan ada yang baik). Menontonnya membuat kita tidak jenuh dan tidak merasa diajari dengan humanisme klasik yang semua orang juga tahu. Tapi secara tidak sadar kita bisa menyerap nilai-nilai yang sudah jenuh didengungkan-dengungkan dan diputar balikkan oleh peran-peran manusia. Berikut adalah kisahnya.
Pada suatu ketika disuatu waktu yang tidak diberi tahu. Ada sekeluarga burung hantu diatas sebuah pohon, layaknya dikehidupan manusia pada umumnya mereka terdiri dari ayah, ibu, dan ketiga anaknya (kludd, soren, dan *siapa ya lupa). Layaknya kehidupan anak-anak pada umumnya, Ketiga anaknya selalu diceritai ayahnya tentang kehebatan dan keheroikan the Guardian dengan segala kesempurnaan kehormatan yang dimilikinya. Sejarah keemasan burung hantu melawan kekuasan kegelapan the pure one. Guardian adalah sekelompok burung hantu pejuang yang mempertahankan kebaikan bagi seluruh burung hantu di dunia yang membuat soren dan adik bungsunya bermimpi untuk menjadi sang legenda seperti kyle.
Ya, kyle adalah salah satu dari pejuang guardian yang pernah dalam suatu pertempurans sengit melumpuhkan metal beak yang merupakan boss dari the pure one. Kisah pertemuran, ini yang membuat Kyle terkenal sebagai pejuang berbadan kecil menjadi legenda, mengisahkan metal beak kehilangan paruh dan memakai topeng metal. Sejak kejadian itu, metal beak dikabarkan masih hidup dan tidak pernah terlihat lagi.  
Hingga pada suatu ketika pasukan metal beak yang berupaya mengumpulkan kekuatan menangkap soren dan kludd, dua bersaudara yang selalu diceritai tentang legenda the guardian yang antara ada dan tiada itu. Disinilah dimulai kisah kebenaran adanya the guardian yang selalu ditentang kludd kebenarannya. Kedua anak butung hantu ini ditangkap bersama banyak burung hantu lain untuk dijadikan pasukan dan pekerja metal beak. Kludd pada akhirnya menjadi pasukan metal beak dan salah satu yang terbaik. Sedangkan Soren memlilih untuk menjadi pekerja untuk melindungi teman barunya.
Kekuatan metal beak yang makin besar dan senjata rahasia pelemah burung hantu yang sedang on progress, keinginan menyelamatkan kludd menggugah rasa gelisah soren untuk bertindak. Bagaimana caranya untuk melarikan diri untuk menemukan kaum Guardian dan sang pejuang Kyle di  yang sebenarnya diragukan hanya sebagai mitos? Untuk pencarian itu dia harus belajar terbang.Disinilah dimulai aktraksi animasinya yang dramatis dimana seorang anak burung yang awalnya tidak tahu terbang menjadi sang hero. Ya, mimpinya bahkan  menjadi nyata lebih dari sekadar mimpi cerita legenda. Bahkan dia menemukan sisi ketidakheroikan seseorang yang benar-benar dikagumi semua burung hantu, Kyle, yang kemudian menjadi gurunya seketika.
Film ini sebenarnya bercerita tentang noble of honor dengan sederhana tapi dengan  menyuguhkan action yang cukup bagus membuat bungkusannya terlihat lebih rapi. Plotnya yang terlalu cepat dan kurang rapi jadi tertutupi. film kartun ini layak tonton dan dikoleksi para pecinta film kartun. Dan satu lagi film ini bisa ditonton anak kecil.

Tidak ada komentar: